Gereja Katolik Pertama di Indonesia

Gereja Katolik Pertama di Indonesia

Kekayaan bahasa hingga aneka ragam budaya dan agama yang ada di Indonesia menjadi cerita sejarah tersendiri. Seperti salah satunya agama katolik, apakah ada yang pernah mendengar apa dan bagaiman sejarah dan ceria aga Katolik masuk ke negara Indonesia ini. agama katolik masuk ke Indonesia pada abad ke-16 sampai dengan abad ke-17, dan bersama itu Portugis pun datang untuk Menjajah Indonesia di daerah Maluku. Setelah Kepala Maluku menerima sebuah pemberitaan Injil dari Gonzalo Veloso seorang saudagar Portugis. Selain itu sudagar portugis juga menemukan darah yang penuh rempah-rempah yang sebelumnya belum pernah ditemukan. Dan pangda era VOC katolik juga memiliki cerita tersendiri, karena padamasa itu Gereja Katolik dilarang erada pada daerah VOC, khususnya di daerah Flores dan Timor. Pada saat itu pengusaha VOC yang memeluk agama protestan mengusir para imam-imam katolik di daerah tersebut, dan menggantikannya dengan pendeta Protestan yang berasal dari Belanda. Namun, pada tahun 1799 VOC bubar dikarenakan bangkrut dan terdapat masalah lainnya.

Pada Era Hindia Belanda agama katolik dan gereja katolik mengalami peningkatan, dengan diakuinya oleh pemerintah pada tanggal 8 Mei 1807. Dan pada tahun 1799 kekuasaan VOC digantikan oleh Hindia Belanda, dimana saat itu setiap anggota https://citipoker88.net bebas untuk memeluk agama yang dipercayainnya, namun berbeda dengan agama katolik, karena agama katolik sedikit dipersulit. Pada era itu imam Katolik hanya terdapat 5 orang dan memelihara umat sebanyak 9000 dan sulitnya lagi umat sejumlah itu tidak hidup di satu tempat, melainkan bertempat saling kejauhan. Namun, pada tahun 1889 Katolik mengalami peningkatan, jumlah dari imam Katolik berjumlah hingga 50 orang. Lain halnya di Era Van Lith, karena pada era ini agama Katolik mempunyai misi awal meskipun selanjutnya harus gagal. Dan pada 1918, sekolah katolik dijadikan satu hingga menjadi sebuah yayasan, dan yayasan tersebut diberi nama Yayasan Kanisius. Dan membuat pada abad 20an gereja Katolik berkembang secara pesat.

Gereja Katolik Pertama di IndonesiaPada Era Perjuangan Kemerdekaan, agama Katolik semakin menjulang tinggi, banyak gereja yang dapat didirikan, karena banyak sekali Tokoh yang beragama Katolik menjadi para pejuang dalam membantu kemerdekaan Indonesia. Dan di Era Kemerdekaan gereja Katolik di Indonesia menjadi lebih aktif dalam kehidupan Gereja Katolik di dunia. Dan pada tanggal 29 Juni 1967 Indonesia pun mengambil bagian dari Konsili Vantikan II. Itulah sedikit cerita tentang sejarah bagaimana Gereja Katolik bisa berdiri hingga sekarang di negara tercinta Indonesia ini. Semoga dengan membaca artikel ini, pengetahuan tentang katolik di Indonesia akan tersebar luas di benak. Menjadi Indonesia juga harus mengetahui cerita dari setiap perbedaan dan menjadikan pelangi di diri kita, bukan malah menjadikan sebagai bumerang untuk kesatuan dan persatuan di negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *