Gereja Katolik Unik di Jakarta

Gereja Katolik Unik di Jakarta (2)Gereja sering diatikan masyarakat sebagai tempat ibadah bagi penganut agama Kristiani. Tahukah anda arti gereja dalam etimologi merupakan kata yang diambil dari Bahasa Portugis, yaitu gereja yang mempunyai arti dipanggil keluar, atau sekumpulan orang yang dipanggil keluar dari dunia. Yang dapat diartikan dengan arti umum yakni sebuah rumah ibadah umat Kristiani, dimana umat bisa bersembahyang atau berdoa. Seperti layaknya tempat ibadah lainnya, banyak karakteristik yang dimiliki oleh Gereja itu sendiri. Seperti gereja yang terdapat diberbagai tempat memiliki keunikan dalam hal arstitektur dari bangunan gereja tersebut. Berikut gereja katolik unik di Jakarta yang harus anda ketahui.
Arsitektur gereja unik yang berlokasi di Jalan Angkasa, Kemayoran tersebut banyak membuat orang bertanya-tanya karena bentuknya yang menyerupai bentuk kubah. Pastinya setiap anggota http://agenbola108.net yang lewat didaerah tersebut akan menyangka bahwa bangunan tersebut adalah bangunan masjid. Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim yang sebagian besar arsitekturnya berbentuk kubah. Akan tetapi berbeda dengan bangunan rumah ibadah tersebut, bangunan terebut rupanya adalah gereja. Gereja unik berbentuk kubah tersebut adalah Gereja Reformed Injili Indonesia yang lokasinya berseberangan langsung dengan gedung Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat serta gedung Kantor Pajak KPP Kemayoran, Jakarta Pusat.

Katolik Unik di Jakarta

Di halaman gereja katolik tersebut terdapat tulisan berukuran besar yang bertuliskan “Solus Cristus Soli Deo Gloria” yang terdapat dihalaman utama geraja. Kemudian di halaman sebelah kiri juga terdapat tulisan lain yang bertuliskan “Sola Scriptura Sola Gratia Sola fide” dihalaman gereja sebelah kiri, dan didepan pintu gerbang utama terdapat tulisan “Kasihi Allah Mu dan Kasihi Sesamamu”. Gedung tersebut dibangun diatas tanah yang memiliki luas 12.000 meter persegi yang terbagi menjadi beberapa gedung. Bangunan gedung gereja yang pertama tersambung langsung dengan gedung Kebudayaan dan Institut, serta gereja ini juga memiliki tower dengan tinggi 24 lantai. Bangunan gereja yang terbilang unik tersebut diprakasai langsung oleh Pendeta Stephen Tong.
Selain itu, didalam gedung utama terdapat dua aula besar yang bernama aula John Calvin dan aula Mesias Kathedral. Aula John Calvin sendiri terletak dilantai satu dengan jumlah kapasitas 2.000 jamaah, serta aula Mesias Kathedral berada dilantai empat dengan kapasitas 4.000 jamaah. Gereja tersebut memiliki penjagaan yang sangat ketat oleh pihak keamanan gereja maupun dari kepolisian. Seperti layaknya akan masuk ke tempat-tempat vital lainnya, untuk memasuki gereja tersebut anda akan melewati pemeriksaan dan alat deteksi. Bahkan hanya untuk keperluan foto saja tidak diperkenankan masuk kedalam area gereja karena gereja dibuka untuk umum hanya pada hari minggu atau waktu ibadah saja.

Berikut tadi merupakan salah satu gereja katolik unik yang terdapat di Kemayoran, Jakarta Pusat. Hal tersebut membuktikan keanekaragaman umat beragama serta keunikan arsitektur yang menyerupai dengan kubah, yang secara tidak langsung kubah merupakan ciri khas dari rumah ibadah bagi agama muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *