Wotruba, Gereja Katolik Mirip Mainan Lego

Wotruba, Gereja Katolik Mirip Mainan LegoGereja katolik yang sering kali kita jumpai mempunyai bentuk bangunan beraksitektur gothic. Mempunyai tanda salib di pucuk puncak bangunan tersebut. Akan tetapi kali ini kita akan membahas gereja katolik yang sangat unik sekali. Gereja ini tidak terlihat seperti gereja pada umumnya yang terlihat spiritualnya.
Jika di lihat dari luar bangunan, gereja ini tidak merepresentasikan sebuah tempat beribadah para kaum katolik, akan tetapi seperti tumpukan mainan lego raksasa. Banyak juga yang menyebut gereja katolik ini adalah gereja lego.
Gereja unik dan menarik ini berada di Wina. Berada di atas bukit Wina kokoh berdiri sebuah tempat beribadah yang di desain dengan acak-acakan. Jika kalian adalah orang baru untuk melihat desain gereja ini pasti akan mengira kalau bangunan tersebut tempat pameran seni, atau galeri seni. Akan tetapi walaupun seni arsitekturnya terlihat seperti ruang kesenian, fungsi dari gereja ini masih tetap sama yaitu untuk memanjatkan ibadah bagi para kaum.

Mengenal lebih dalam gereja ini, bisa di sebut dengan nama Gereja Wotruba. Gereja yang dibangun dengan aneh ini sangat terkenal di dunia. Nama Gereja Wotruba ini mempunyai nama asli Kirch Zur Heiligsten Dreifaltigkeit. Namun lebih sering di kenal dengan nama Wotruba. Terlihat seperti lego yang bertumpuk karena bangunan gereja katolik ini terbuat dari susunan 150 balok beton yang sudah didesain dan di tata rapi. Kalau para anak-anak sebutnya bisa menjadi legoland, karena bentuknya seperti mainan mereka.

Wotruba Gereja Katolik Mirip Mainan Lego

Mempelajari lebih dalam lagi, ternyata gereja Wotruba ini mempunyai sejarah. Aslinya gereja ini dibangun pada tahun1974 oleh seorang arsitek. Nama arsitek tersebut yang sudah dimuat di nama gereja tersebut, Fritz Wotruba. Gereja katolik ini dibangun di atas bekas barak NAZI. Kabarnya sang arsitek sebutkan kalau mempunyai inspirasi dari Katedral Chartres yang terkenal dengan nuansa goticnya. Fritz meninggal dunia ketika bangunan gereja ini masih belum rampung di kerjakan. Baru rampung setelah satu tahun sepeninggalannya.

Keunikan yang ada di dalam bangunan gereja ini yaitu mirip mainan lego. Namun jika kalian bisa memasuki gereja katolik ini, desain interior yang berbeda sekali dengan kesan dari luarnya. Desain tatanan altar, kursi dan juga alkibat yang lebih menarik bisa mengundang banyak wisatawan yang ingin belajar sejarah gereja ini. Karena gereja ini selain menjadi tempat ibadah, juga dibuka untuk menjadi tempat wisata. Mereka yang datang pasti bertanya bagaimana gereja lego ini bisa dibangun. Bangunan gereja Wotruba yang sangat unik nilai seninya, mengundang banyak minat para penikmat fotografi dimanapun berada. Namun gereja ini hanya buka di saat Weekend saja, sabtu dan juga minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *